Trick Backup Data Android

Sebagai pengguna smartphone (Android), ritual backup adalah mutlak. Data penting didalamnya sangatlah berharga. Kita perlu tahu cara backup data Android.





Beberapa tahun yang lalu handphone hanya digunakan untuk telepon dan sms. Tapi sekarang, handphone sudah mirip sama komputer. Mulai dari spesifikasi prosesor, memori dan display. Beragam data seperti dokumen, video, lagu, photo dan email juga masuk kedalamnya. Pada dasarnya handphone saat ini layaknya komputer super portabel dimana data-data penting berada didalamnya. Kita menyebutnya smartphone, alih-alih untuk membedakan handphone jaman dulu dengan sekarang. Kehilangan sebuah  smartphone bisa berakibat fatal, semua data hilang musnah bersamanya.

Untuk itulah perlu dan pentingnya membackup data smartphone secara teratur. Keuntungan sebagai pengguna Android adalah kemudahan dalam menyalin semua data.

  • Cara Back Up Setting, SMS dan Kontak
Membackup setting caranya sangat mudah. Cara paling primitif adalah mencatatnya dengan kertas dan ballpoint. Catat semua setting yang ada kedalam kertas tersebut dan berharap tidak hilang atau kena hujan :D

Cara modern-nya kita bisa menggunakan Google.

  • Cara backup data menggunakan Google

1. Buka Settings –> Personal –> Backup and reset. Pilih Automatic restore dan Backup my data.
2. Buka Settings –> Personal –> Accounts & Sync. Pilih akun Google kita.

  • Cara backup menggunakan app pihak ketiga
Membackup data menggunakan Google bisa menyelamatkan hampir semua data di Android tetapi data SMS tidak termasuk. Untuk itu kita perlu menggunakan app pihak ketiga yang ada di Google Play. Ada banyak aplikasi gratis yang bisa melakukannya, tapi jika tidak keberatan membayar $4.99, MyBackup Pro sangat direkomendasikan.

  • Cara Backup File, Video dan Photo
Semua data yang disimpan di memori internal dapat dengan mudah dibuka kapan saja. Jadi semua file, video, photo, lagu atau apa saja yg berada dimemori internal bisa di backup langsung ke komputer. Caranya adalah:
  1. Sambungkan Android dengan komputer menggunakan kabel USB. Jika diperlukan driver akan terinstall ke komputer kita. Untuk pengguna Mac, program Android File Transfer bisa didownload dan diinstall secara gratis.
  2. Pilih drive Androidmu dan buka direktori DCIM. Disitulah letak semua file, photo, video. Cara cepatnya bisa langsung kita copy-paste semua folder tsb ke komputer.
  3. Tinggal pilih data atau file yang akan di backup.
Alternatif lainnya adalah AirSync dari DoubleTwist. App dari Google Play ini bisa melakukan backup otomatis dan tanpa kabel. Berfungsi sama seperti smartphone apple (iOS) dan iTunes dalam membackup data.

Melakukan backup data dan file sebaiknya dilakukan secara teratur. Jangan remehkan proses membosankan ini karena jika suatu saat smartphone atau tablet kita hilang paling tidak data dan file penting masih bisa kita selamatkan.


Selamat Mencoba..

source : http://ardiyan.web.id/cara-backup-data-android/537/


Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Bebas Ber Ekspresi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger Edited by Rochanto Aditama